-->

Ingin Pleci Mental Petarung? Pleci Auri bisa jadi pilihan


Dari data avibase, yaitu situs penyedia database burung di seluruh dunia, wilayah persebaran pleci auri cukup luas, meliputi beberapa kawasan Asia, mulai dari Myanmar, Malaysia, Sumatera, Riau, Kalimantan, Natuna, dan Pulau Bangka.

Pleci auri cukup dikenal di kalangan plecimania Asia, khususnya di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Bahkan jenis pleci ini menjadi burung favorit di setiap lomba burung. Banyak pleman yang berburu burung pleci jenis auriventer (Zosterops palpebrosus auriventer). Jenis ini digemari lantaran punya kicauan yang ngebas.


Sepintas, penampilan pleci auriventer sangat mirip dengan pleci buxtoni (Zosterops paspebrosus buxtoni). Tapi jika diperhatikan lebih teliti, akan ditemukan beberapa perbedaan cukup mencolok. Beberapa perbedaan tersebut antara lain:
  • Ukuran tubuhnya sedikit lebih besar daripada pleci buxtoni.
  • Tubuh bagian bawah lebih pucat.
  • Tubuh bagian atas memiliki warna yang lebih kekuningan, sedangkan pleci buxtoni sedikit lebih gelap dan cenderung kehijauan, dengan garis kuning pada bagian perut yang lebih tegas.
  • Bentuk lingkar mata putih / cincin mata lebih lebar, sedangkan pleci buxtoni cenderung sempit.
  • Suara panggilan terdengar keras bergetar, mirip petikan senar gitar yang kendor.
  • Suara kicauannya lebih ngebas dan tajam.
Selain beberapa perbedaan di atas, banyak kicaumania yang tertarik memelihara pleci auriventer karena memiliki mental bertarung yang bagus dan mau bunyi ketika ditempel burung sejenis.
semoga bermanfaat
sumber omkicau.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...