-->

Cara Mengatasi Kacer Mabung Atau Nguruk Kering Pada Kacer Juara

Mabung (ngurak) kering pada burung kacer  adalah keadaan dimana seekor kacer mengalami masalah pada molting atau pergantian bulu lama terhadap calon bulu Baru pada kacer yang terjadi dalam kurun waktu yang tidak seperti biasanya. Kacer mabung Kering biasanya seekor kacer membutuhkan waktu sekitar 2-3 bulan untuk menyelesaikan proses mabung atau ngurak tersebut sampai seekor kacer siap untuk dilombakan.

Proses kacer mengalami ngurak membutuhkan asupan nutrisi yang cukup yang akan digunakan untuk menggantikan bulu baru maka dari itu proses ini membutuhkan asupan dan kebutuhan protein, mineral dan nutrisi lain yang cukup tinggi dan melebihi kebutuhan ketika kacer dalam kondisi normal.

Dibawah ini beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai seorang kacermania untuk menangani kacernya pada saat proses ngurak kering/merbung kering:
  • Jauhkan burung kacer kesayangan anda dengan burung dan suara burung yang dapat memancing  birahi dan jiwa tarung kacer anda, hal ini membuat kacer anda tidak fokus pada proses moltingnya bahkan kacer anda merasa terganggu hal ini akan membuat kacer lebih lama menyelesaikan proses mooltingnya. bahkan ketika selesai proses mooltingnya mental kacer akan terganggu.
  • Pemberian EF dan pakan voer juga yang kurang tepat membuat kacer saat mabung terhenti dalam waktu lama.
  • Penempatan posisi burung dalam ruangan.
  • Kebersihan kandang terutama proses pembuangan kotoran burung.
  • Pemberian Multivitamin pada burung sesuai dengan dosis dan takaran yang tepat.
  • Pemasteran yang tepat.
  • Kesabaran dan kejelian melihat sekecil apapun perubahan burung.
Demikian hal yang perlu diperhatikan dalam menangani burung merbung/ngurak/moolting baik kering atau basah. Dalam merbung kering seekor kacer dan antara kacer yang satu dengan yang lain memiliki kebiasaan perawatan harian yang berbeda dengan yang lain sehingga kita harus berhati-hati dalam melakukan tindakan. biasanya kacer pada saat mabung kering harus bertahan dalam kondisi paling bawah kondisi tubuhnya dalam jangka waktu yang panjang bahkan memakan waktu lebih dari 3 bulan bahkan sampai 2 tahun baru bulu lengkap kembali.

Hal-hal yang menyebabkan kacer mengalami proses ngurak kering antara lain adalah:
  1. Terlalu sering melatberkan burug tanpa Asupan Nutrisi dan Protein yang cukup.
  2. Mandi tidak teratur meyebabkan suhu tubuh burung tidak bisa merespon suhu udara dan cuaca dengan baik.
  3. Kebersihan kandang tidak terjaga secara teratur dan terjadwal. 
  4. Mengalami stres karena terganggunya mental dan dan kondisi tubuh (drop conditions) dari berbagai macamm hal.
  5. Pindah tempat sehingu sulit beradaptasi dengan lingkungan baru dan perlakuan baru biasanya terjadi ketika seseorang. 
  6. Tidak mengetahui penanganan setelah membeli kacer baru. 

Penjelasan diatas merupakan sedikit hal yang dapat menyebabkan kacer mengalangi bad molting atau merbung kering dan masih banyak lagi hal-hal yang mempengaruhi.dibawah ini beberapa cara atau tips menangani kacer yang sedang mabunng kering:

  1. Taruh kacer diruangan yang bersuhu paling normal diruangan rumah anda.biasanya ruangan tersebut tidak terlalu panas dan dingin.
  2. Bila bila bulu burung kacer berhenti rontok dalam 3 hari atau lebih beri terapi ruangan untuk kacer pindah disuhu yang lebih tinggi dan berbeda ruangan bisa dititipkan di rumah kawan atau saudara. bila terjadi hal yang sama lakukan hal tersebut secara terus menerus. 
  3. Sampai proses moltingnya selesai. terapi ini bisa mempercepat proses molting.
  4. Beri ef yang memiliki kandungan protein tinggi dengan dosis yang lebih banyak untuk jangkrik berikan lebih sedikit dan kroto dan Ulat hongkong lebih banyak dosisnya secara kontinyu. 
  5. Bersuhkan kandang dan bulu paling tidak 3-7 hari sekali secara kontinyu pada saat pembersihan jemur kacer 15 menit.
  6. Pada saat matahari mulai muncul sekitar jam 07.00 WIB sampai 07.30 WIB.
  7. Ganti air minum dan voer setiap hari ditambah vitamin 2-3 hari sekali cukup satu atau duatetes saja.
  8. Pengkrodongan dilakukan setiap hari pagi-siang-sore-malam sampai proses molting selesai.
  9. Setelah selesai proses ini bisa dilakukan perawatan normal seperti biasa.
  10. Setelah bulu burung normal kembali lakukan pengembalian kondisi dengan penjemuran dan pemandian dan setingan EF dikembalikan dengan seperti biasa untuk kembali mencari setingan untuk lomba. jangan dibawa latihan atau lomba sebelum bulu burung kuat dan siap. 
Demikian tahap-tahap yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kacer dalam keadaan ngurak/merbung/molting secara kering atau tidak normal.Semoga dapat menambah wawasan kita semua dan pengalaman anda untuk penanganan kondisi burung yan mengalami keadaan ini. masih banyak lagi trik dan pemahanan yang bisa dipadukan oleh kita masing masing. 

Kacer merupakan jenis burung yang memiliki keistimewaan yang tidak tergantikan dalam dunia kicau. hal ini yang menyebabkan kacer memiliki daya tarik tersendiri bagi penikmat burung kicau, sehingga burung Kacer selalu mengisi kelas dalam even Kontes Burung atau even lomba burung kicau dipenjuru Nusantara baik skala kecil ataupun besar. Dibutuhkan Pengetahuan dan pemahaman serta pengalaman yang mumpuni tentang Burung ini untuk menghasilkan burung kacer yang sempurna. Terima kasih atas kunjungan dan perhatianya kami ucapkan Salam sedulur Om Gacor.

Searches related to ngurak kering burung kacer :
kacer gagal mabung
jenis-jenis burung kacer
cara merawat burung kacer
cara mempercepat mabung kacer
kacer mabung tidak tuntas
makanan kacer mabung
cara mengatasi kacer mabung kering
cara merawat kacer mabung nyulam
perawatan kacer mabung pertama
cara merawat kacer mabung yang benar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...