-->

Tips Perawatan Burung Cucak Ijo Mabung Cepat Selesai

OmGacor - Perawatan Burung Cucak Hijau/Cak Ijo Mabung Agar Cepat Selesai - Ada beberapa tips perawatan burung cucak hijau sedang mabung/ganti bulu yang harus anda lakukan agar nantinya burung cucak hijau anda kembali mendapatkan bulu baru yang rapih,indah dengan keadaan sehat tentunya.


Oke tanpa basabasi langsung saja ini dia tipsnya

1.Cek kesehatan burung

Langkah pertama adalah mengecek kondisi burung cucak hijau anda terlebih dahulu. Yang harus anda cek adalah kesehatan burung cucak hijau anda, Apkah terjangkit virus penyakit atau tidak? misalnya virus polyoma dan circovirus. Virus tersebut akan menghambat proses tumbuhnya bulu baru ketika burung cucak hijau sedang mabung. Caranya anda bisa meminta tolong kepada dokter hewan di sekitar lingkungan anda. Langkah kedua adalah membasmi atau menyingkirkan parasit pengganggu seperti cacing, kutu, dan mikroba karna agar burung tumbuh dengan cepat kita harus menyingkirkan parasit tersebut.

2.Pemberian pakan dan EF yang tepat

Pemberian pakan dan EF yang tepat sangat berpengaruh untuk mempercepat pertumbuhan bulu. Pakan yang dimaksud di sini adalah pakan yang berkualitas. Berkualitas artinya bukan hanya banyak, tetapi pakan yang mengandung nutrisi yang lengkap sangat dibutuhkan burung cucak hijau pada saat mabung. Pakan yang baik untuk cucak hijau yang sedang mabung adalah yang mengandung mineral dan protein yang tinggi. Untuk porsinya bisa ditambah dari hari biasa karena kebutuhan nutrisinya juga bertambah.

Extra Fooding (EF) dan multivitamin

Selain makanan pokok, anda juga sebaiknya memberikan multivitamin dan extra food yang tepat. EF yang cocok untuk burung cucak hijau yang sedang mabung adalah jangkrik, cacing, dan kroto. Untuk jangkrik, berikan 5 ekor di pagi hari dan 3 ekor di sore hari. Untuk cacing, berikan 3 kali seminggu masing-masing 2 ekor. Sedangkan kroto anda bisa memberikannya 1 sendok saja setiap pagi. Multivitamin juga sangat penting dan bisa anda campurkan dalam air minum dua kali seminggu. Buah-buahan yang tepat untuk burung cucak hijau yang sedang mabung/molting adalah pepaya, karena pepaya banyak mengandung vitamin C yang dapat memperkuat ketahanan tubuh burung cucak hijau dan melancarkan proses metabolismenya.

3.Pemandian dan penjemuran

Untuk burung cucak hijau yang sedang mabung, anda sebaiknya memandikannya cukup sekali saja dalam seminggu. Jangan terlalu sering memandikan burung cucak hijau yang sedang mabung, Karena dapat menghambat pertumbuhan bulu baru. Untuk penjemurannya, Durasi maksimal yang kami sarankan adalah 15 menit saja setiap hari.

4.Penempatan gantangan harian

Pada saat mabung cucak hijau sangat rawan stress dan sensitif. Untuk itu penempatan gantangan sebaiknya jauh dari hiruk pikuk/keramaian karena dapat mengganggu konsentrasi cucak hijau. Jauhkan dari lingkungan ramai dan gaduh, serta dari gangguan binatang pengganggu (tikus,kucing, anjing). Untuk pengerodongan, cucak hijau yang sedang mabung lebih baik banyak dikerodong kecuali pada saat dijemur dan dimandikan.

5.Kebersihan kandang

Kebersihan kandang juga sangat berpengaruh pada proses mabung, Jadi bersihkan kandang minimal 3 hari sekali. Dan sesekali semprot bagian pojok kandang pakai anti jamur yang banyak dijual di toko pakan burung.

Note:Saat cucak hijau sedang mabung, anda bisa melakukan mastering/pemasteran setiap hari agar hasilnya maksimal. Karena pada saat masa mabung, cucak hijau lebih banyak diam dan mendengar saja, sehingga inilah waktu yang paling baik melakukan mastering suara. Mastering bisa anda lakukan dengan audio/mp3 maupun burung spesialis mastering yang sesuai dengan jenis suara cucak hijau anda.

Sekian tips Perawatan Burung Cucak Hijau/Cak Ijo Mabung Agar Cepat Selesai sesuai dengan pengalaman saya, kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi sobat kicau mania.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

loading...